Rabu, 23 Februari 2011

Aplikasi untuk Mengamankan File di Komputer





Perangkat komputer saat ini sepertinya sudah menjadi sebuah alat yang diperlukan oleh kalangan pengusaha, dimana banyak tugas dapat mudah dikerjakan dan data atau informasi penting tersimpan dalam komputer. Namun jika komputer tersebut bukan hanya kita yang menggunakan alangkah rentannya dokumen rahasia akan tindak pencurian, seperti jika teman atau saudara kita menggunakan komputer yang sama untuk membuka facebook, main game atau lainnya, mereka dapat dengan mudah mengakses data pribadi yang kita rahasiakan.

Namun saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengamankan komputer kita dari tindak pencurian seperti aplikasi DocLock. Aplikasi ini didesain khusus untuk mengamankan file-file dokumen di komputer, docstock tidak membuat encrypted drive atau mengamankan login password website yang kita miliki namun aplikasi docstock memiliki fitur khusus yaitu dengan menyembunyikan password kedalam sebuah file images.

Jika komputer yang diproteksi adalah laptop atau notebook dengan menggunakan whole-disk encryption akan lebih mudah daripada mengenkripsi setiap dokumen pribadi secara terpisah, jika seluruh harddisk telah terenkripsi maka apabila laptop atau notebook tersebut hilang dicuri tidak ada seorangpun yang bisa membuka file yang telah dienkripsi.

Pengoperasian aplikasi doclock ini juga termasuk simple, kita cukup men-drag file atau folder yang ingin kita proteksi ke dalam doclock Lock Window atau klik kanan kemudian pilih lock button dan memasukkan password yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar