Rabu, 26 Januari 2011

Selamatkan Anak dari Cyber Crime



Sebelumnya, kami menyuguhkan tips-tips agar anak-anak bisa terhindar dari kejahatan dunia maya. Tetapi, mungkin tidak semua tips tersebut bekerja dengan semestinya.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika anak Anda terlanjur menjadi korban kejahatan dunia maya? Barrie Ooi, Head of Windows Live Southeast Asia Microsoft memberikan beberapa langkah-langkah pencegahan sebelum dampaknya menjadi jauh lebih buruk, yaitu:

1. Usaha pencegahan
Mulailah mengurangi interaksi mereka dengan pelaku kejahatan dunia maya. Caranya, menolak untuk memberikan respon kepada pelaku kejahatan, terutama memberikan data-data pribadi yang sifatnya rahasia pada pelaku phising.

2. Berdiskusi
Diskusikan pengaruh kejahatan dunia maya dengan anak-anak, termasuk masalah apapun dengan keterlibatan mereka. Dan, dorong mereka untuk melaporkan kejahatan kepada orang tua atau orang dewasa yang mereka percaya.

3. Mencoba Family Safety Software

Mengendalikan dan mengontrol apa yang mereka lihat, lakukan, dan dengan siapa mereka berinteraksi secara online melalui piranti lunak yang tersedia. Windows Live Family Safety adalah perangkat lunak gratis untuk membantu para orangtua.

4. Menyelidiki aktivitas anak
Mencari tahu secara rinci apa yang dibicarakan anak-anak apabila mereka meminta bantuan kepada Anda. Selidiki apa yang mereka lakukan secara online dan situs apa yang mereka kunjungi, sebelum masalah timbul.

5. Koleksi informasi tentang kebijakan
Pelajari kebijakan anti-kejahatan di sekolah tempat Anak sekolah dan melalui penyedia layanan internet di rumah, tentukan apakah kebijakan-kebijakan tersebut berlaku.

6. Umumkan
Mengetahui siapa yang dihubungi jika sewaktu-waktu anak Anda menjadi korban kejahatan dunia maya.
Misalnya, di sekolah, situs di mana kejahatan tersebut terjadi, dan kantor polisi setempat jika diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar