Sabtu, 15 Januari 2011

l a n g k a h - l a n g k a h m e n u j u p r e s t a s i


Menjadi mahasiswa berprestasi tentu tidak mudah. Diperlukan komitmen kuat dan kerja keras untuk mencapai suatu prestasi. Sikap, pola pikir, dan cara bekerja juga turut menentukan keberhasilan seseorang meraih prestasi di suatu bidang.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjemput prestasi adalah memahami manfaat sesuatu yang kamu lakukan. Seorang mahasiswa akan bersemangat kuliah jika dia memahami manfaatnya berkuliah. Menjadi seorang mahasiswa tidak hanya duduk berjam-jam di kelas, membaca buku, dan belajar. Lebih dari itu, dia harus visioner.

Setelah itu, tentukan skala prioritas. Jangan karena aktif mengikuti berbagai kegiatan di luar kampus, kuliahmu lantas jadi berantakan. Buktikan, bahwa kesibukan di luar kelas bukan menjadi penghalangmu mencetak prestasi.

Saat di kelas, berkonsentrasilah dengan materi yang disampaikan dosenmu. Simak baik-baik dan catat poin-poin penting yang dia sampaikan. Selain itu, kamu juga harus aktif di ruang kelas. Keaktifan ini akan mempertajam pemahaman dan melatih kemampuanmu berkomunikasi. Jangan ragu untuk mengemukakan pendapat atau bertanya di kelas. Dengan menjadi aktif, kamu juga akan dikenal oleh para dosen.

Mahasiswa dituntut kritis dan berani mempertahankan pendapat. Sebaiknya kamu tidak langsung menerima dan percaya pada semua yang kamu dengar, termasuk dari para dosen. Karena itu, carilah referensi tambahan sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber. Referensi luas akan memperkaya argumentasimu tentang suatu hal. Tapi, perlu diingat, mempertahankan pendapat bukan berarti tidak bisa menerima kebenaran yang disampaikan orang lain.

Meraih prestasi juga membutuhkan perencanaan yang baik. Buatlah jadwal belajar dan tugas. Kamu bisa juga membuat daftar materi yang harus kamu pelajari atau tugas yang harus kamu selesaikan. Dengan demikian, tidak akan ada tugas yang terlewat. Selain itu, curi start lebih awal dari teman-temanmu. Jangan mengerjakan semua tugas dalam satu malam menjelang batas waktu pengumpulan. Sudah nggak jamannya lagi sistem kebut semalam (SKS). Kalau kamu menghadapi kesulitan saat mengerjakan tugas, diskusi dan belajar kelompok bisa menjadi solusinya.

Terakhir, untuk mencapai suatu keberhasilan, kamu harus total dan serius dalam mengerjakan sesuatu. Dengan totalitas dan keseriusan, prestasi bukan lagi sesuatu yang mustahil kamu raih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar